Main Article Content

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan merujuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan ketika satu pihak dapat menimbulkan kepuasan kepada setiap pasien. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan persepsi pasien ditinjau dari segi usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan pengetahuan pasien BPJS rawat jalan tentang kualitas pelayanan petugas kesehatan di Puskesmas Mawasangka Timur. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain cross sectonal study. Sampel pada penelitian ini adalah pasien berstatus BPJS kesehatan yang datang berobat sebanyak 160 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik total sampling. Data diuji menggunakan uji chi-square. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara persepsi pasien berdasarkan usia (p = 0,043) dengan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Mawasangka Timur. Tidak ada hubungan antara persepsi pasien ditinjau dari segi jenis kelamin (p = 0,066), tingkat pendidikan (p = 0,071), dan pengetahuan (p = 0,071) dengan kualitas pelayanan petugas kesehatan di Puskesmas Mawasangka Timur. Disarankan perlunya ada kerjasama antar tenaga kesehatan sehingga pemanfaatan pelayanan terlaksana dengan baik.

Keywords

persepsi kualitas pelayanan kesehatan BPJS

Article Details

Author Biographies

Nur Hudayah, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Epidemiologi, Universitas Dayanu Ikhsanuddin , Baubau, Indonesia

Rininta Andriani, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Epidemiologi, Universitas Dayanu Ikhsanuddin, Baubau, Indonesia

Setiawati, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Epidemiologi, Universitas Dayanu Ikhsanuddin, Baubau, Indonesia

How to Cite
Hudayah, N., Andriani, R., & Setiawati, S. (2019). Persepsi Pasien BPJS Rawat Jalan dengan Kualitas Pelayanan Petugas Kesehatan di Puskesmas Mawasangka Timur . Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1(2), 51-59. https://doi.org/10.36590/jika.v1i2.4
References
  1. Agustina I. 2011. Kualitas Pelayanan KB dan Kkepuasan Klien : Benarkan Keduanya Berhubungan Secara Langsung ? [Tesis]. DIY: Universitas Gadjah Mada.
  2. Budiman S, Herlina N. 2010. Hubungan Status Demografi dengan Kepuasan Masyarakat Tentang Pelayanan Jamkesmas di Wilayah Puskesmas Tanjungsari Kabupaten Bogor Tahun 2010. Jurnal Kesehatan Kartika. 27: 1989-2009.
  3. Depkes RI. 2014. Permenkes Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pogram JKN. Jakarta.
  4. Depkes RI. 2014. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta.
  5. Djinimagal S, Warouw S, Rampengan N. 2017. Hubungan Antara Pengetahuan, Pendidikan dengan dukungan tenaga kesehatan dengan Status Imunisasi Tetanus Toxoid Pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Kao Kabupaten Halmahera Utara. [Tesis]. Manado: Universitas Sam Ratulangi.
  6. Hasibuan M. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Bumi Aksara.
  7. Hutabarat Monica. 2013. Gambaran Kepuasan Pasien Pengguna Kartu Jakarta Sehat di Unit Rawat Jalan RSU UKI Tahun 2013. [Tesis]. Depok: Universitas Indonesia.
  8. Jennie, Kristina Pendrita, Dwi Wahyuni, Tavip, Rahayu H, Wahidyanti. 2017. Hubungan Antara Kualitas Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pengguna BPJS di RSI G Kabupaten Malang. Nursing News [Skripsi]. Malang: Universitas Tribhuwana Tungadewi Malang.
  9. Merryani EO, Sefti Rompas S, Pondaag L. 2014. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Keperawatan di Ruang Interna RSUD Noongan. [Skripsi]. Manado: Universitas Sam Ratulangi
  10. Mohammed Shafiu, Sambo N, Mohammad, Dong, Hengjin. 2011. Understanding Client Satisfaction with a Health Insurance Scheme in Nigeria: Factor and Enrollees Experiences. Health Res Policy Syst. 9: 20.
  11. Nelson, Panu. 2011. Perilaku Pelayanan Kesehatan Peserta Jamkesmas di Kota Gorontalo. [Tesis]. DIY : Universitas Gadjah Mada.
  12. Pujihastuti, Antik. 2008. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Askeskin, Askes PNS, Umum Pada Pelayanan Loket Pendaftaran Rawat Jalan di RSUD Kabupaten Karanganyar. [Skripsi]. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta
  13. Purwanti S, Prastiwi S, Rosdiana Y. 2017. Hubungan Pelayanan Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Wisata Dau Malang. [Skripsi]. Malang: Universitas Tribhuwana Tungadewi Malang.
  14. Sitompul Juliani. 2012. Faktor-faktor Yang Berhubungan dengan Kepuasan Peserta Askes Sosial Terhadap Pelayanan Askes Center di RS Depati Hamzah Pangkal pinang. [Skripsi]. Depok: Universitas Indonesia.
  15. Yusniar S, Ashari. 2012. Faktor-faktor Yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas Liu di Desa Bila Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo. [Skripsi]. Makassar: Stikes Nani Hasanuddin.