Main Article Content

Abstract

Pertumbuhan fisik merupakan salah satu aspek penting pada anak dan remaja utuk menilai status kesehatannya. Oleh karena itu, pemantauan pertumbuhan fisik melalui penilaian status gizi sangat penting untuk dilakukan secara berkala. Hal ini berlaku tidak hanya untuk anak sehat, namun juga bagi anak-anak dengan kondisi khusus seperti anak dengan Down Syndrome (DS). Tujuan utama dari pengabdian masyarakat ini yaitu meningkatkan pengetahuan peserta webinar mengenai penilaian status gizi khusus untuk anak DS. Rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung sejak bulan April 2020 dimulai dengan tahap persiapan yang meliputi kegiatan koordinasi antar anggota tim dan mengurus masalah administratif. Kegiatan utama pengabdian masyarakat yaitu pemberian edukasi metode penilaian status gizi pada anak down syndrome serta sosialisasi buku pemantauan status gizi anak dengan DS yang dilaksanakan pada Oktober 2020. Teknis pelaksanaan kegiatan melalui webinar dengan 72 peserta beserta dengan sosialisasi buku saku pemantauan status gizi bagi anak dengan DS.

Keywords

Buku Saku Sindrom Down Status Gizi

Article Details

Author Biographies

Mertien Sa'pang, Universitas Esa Unggul

Program Studi Pendidikan Profesi Dietisien, Universitas Esa Unggul

https://scholar.google.co.id

Harna, Universitas Esa Unggul

Program Studi Ilmu Gizi, Universitas Esa Unggul

https://scholar.google.com

Prita Dhyani Swamilaksita, Universitas Esa Unggul

Program Studi Ilmu Gizi, Universitas Esa Unggul

https://scholar.google.co.id

Chica Riska Ashari, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Program Studi Ilmu Gizi, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

https://scholar.google.com

 

Andi Muh Asrul Irawan, Universitas Al Azhar Indonesia

Program Studi Gizi, Universitas Al Azhar Indonesia

https://scholar.google.com

Devi Angeliana Kusumaningtiar, Universitas Esa Unggul

Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Esa Unggul

https://scholar.google.com

How to Cite
Sa’pang, M., Harna, H., Swamilaksita, P. D., Ashari, C. R., Irawan, A. M. A., & Kusumaningtiar, D. A. (2020). Edukasi Gizi Efektif Terkait Pemantauan Status Gizi Anak dengan Down Syndrome. Jurnal Abmas Negeri, 1(1), 20-24. https://doi.org/10.36590/jagri.v1i1.89
References
  1. AbdAllah AM., Raffa S, Alaidaroos T, Obaid R, Abuznada J. 2013. Nutritional status of some children and adolescents with down syndrome in Jeddah. Life Science Journal. 10(3).
  2. Gibson R. 2005. Principle of nutritional assessment. (2 ed.). New York: Oxford University Press.
  3. Kemenkes RI. 2013. Laporan Hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) Indonesia tahun 2013.
  4. Mahan LK, Raymond JL. 2017. Krause’s food & the nutrition care process. (14th ed.). Canada: Elsevier Inc.
  5. Pratama MF. 2018. Faktor-faktor yang berhubungan dengan status gizi pada anak down syndrome usia 8-12 tahun di Bogor. [Skripsi]. Bogor:Institut Pertanian Bogor.
  6. Rahmawati LA. 2016. Hubungan antara persepsi ibu, tingkat pengetahuan gizi ibu, pola konsumsi pangan, dan aktivitas fisik dengan status gizi anak down syndrome. [Tesis]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
  7. Samarkandy MM, BA Mohamed, AA Al-Hamdan. 2012. Nutritional assessment and obesity in down syndrome children and their siblings in Saudi Arabia. Saudi Medical Journal. 33(11):1216–21.
  8. Senna Rodrigues B, L Campos Pellanda, CB Andreatta Gottschall. 2012. Nutritional assessment of children and teenagers with down syndrome and congenital cardiopathy. Revista Chilena De Nutrición. 39(2):151–58.
  9. Zemel BS, Pipan M, Stallings VA, Hall W, Schadt K, Freedman DS, Thorpe P. 2015. Growth charts for children with down syndrome in the United States. Pediatrics. 136(5):e1204–11.