Main Article Content

Abstract

Desa Minasa Baji merupakan Desa yang berada di Kabupaten Maros yang memiliki beberapa masyarakat aktif dalam kegiatan gotong royong dan peduli kesehatan. Desa ini merupakan salah satu desa yang mendapat bantuan peduli Covid-19 karena di Bantimurung adalah Kecamatan pertama yang memiliki warga positif corona setelah dilacak oleh petugas kesehatan setempat. Oleh karena itu, sivitas akademika Akper Yapenas 21 Maros dalam melakukan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, baik oleh dosen, mahasiwa tergerak untuk membantu dalam mencegah terjadi wabah Covid-19 yang semakin tinggi dengan bekerjasama stakeholder dan HMI Maros. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberi masker gartis kepada para masyarakat desa Minasa Baji agar menyadari tentang pentingnya menjaga penularan Covid-19 yang merupakan wabah paling berbahaya karena penularannya sangat cepat dan dapat menyebabkan kematian karena menyerang bagian pernapasan yang dapat menyebabkan pengaruh pada komplikasi penyakit lainnya. Metode pendekatan/solusi yang ditawarkan dalam program ini yaitu peningkatan pengetahuan tentang ilmu kesehatan bagi masyarakat dengan membagikan masker gratis kemudian melakukan penyuluhan cara menggunakan masker yang tepat agar virus tidak masuk ke dalam tubuh. Prosedur kerja untuk realisasi metode yang ditawarkan yaitu melakukan diskusi dengan PKM Bantimurung untuk memenuhi protokol kesehatan saat pembagian masker gratis ke masyarakat, melakukan penyuratan selanjutnya menyusun jadwal kegiatan. Hasil yang diperoleh adalah adanya peningkatan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mencegah wabah Covid-19 dengan membagikan masker gratis.

Keywords

Covid-19 Maros Masker Gratis

Article Details

Author Biographies

Rahmawati, Akper Yapenas 21 Maros

Prodi DIII Keperawatan, Akper Yapenas 21 Maros

https://scholar.google.com

Rahmat Pannyiwi, Akper Yapenas 21 Maros

Prodi DIII Keperawatan, Akper Yapenas 21 Maros

https://scholar.google.co.id

Nurhaedah, Akper Yapenas 21 Maros

Prodi DIII Keperawatan, Akper Yapenas 21 Maros

https://scholar.google.com

Muhammadong, Akper Yapenas 21 Maros

Prodi DIII Keperawatan, Akper Yapenas 21 Maros

https://scholar.google.com

Amiruddin, Akper Yapenas 21 Maros

Prodi DIII Keperawatan, Akper Yapenas 21 Maros

https://scholar.google.com

Sakriawati M, Akper Yapenas 21 Maros

Prodi DIII Keperawatan, Akper Yapenas 21 Maros

https://scholar.google.com

How to Cite
Rahmawati, R., Pannyiwi, R., Nurhaedah, N., Muhammadong, M., Amiruddin, A., & M, S. (2020). Pembagian Masker Gratis Upaya Preventif Covid-19. Jurnal Abmas Negeri, 1(1), 1-5. https://doi.org/10.36590/jagri.v1i1.81
References
  1. Adriansyah FH. Sikap Bela Negara Dimasa Pandemi Covid 19. [Artikel Ilmiah].
  2. ECDC. 2020. Using Face Masks In The Community. European Centre for Disease Prevention and Control, (April):1–6.
  3. Firdayanti, AL Kautzar AM, Taherong F, Andryani ZY, Saleha S, Diarfah D. 2020. Pencegahan Covid-19 Melalui Pembagian Masker di Kelurahan Romang Polong Kabupaten Gowa. Jurnal Abdimas Kesehatan Perintis,2(1):53–57.
  4. Kemenkes [Kementrian Kesehatan]. 2020. Dokumen Resmi. Pedoman Kesiapan Menghadapi Covid-19.:0–115. Jakarta: Kemenkes RI.
  5. Lathifah A, Kistanto NH. 2020. Penyusunan dan Sosialisasi Buku Saku RW Tangguh Bencana Wabah Covid-19 di RW 04 Kelurahan Candirejo, Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1):7–10.
  6. Syapitri H, Siregar LM, Saragih FL. 2020. Pencegahan Penularan Covid-19 Melalui Sosialisasi dan Pembagian Masker di Pasar Pringgan Medan. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 3(2):422–29.
  7. Utami NWA, Giri KRP. 2020. Gerakan 1000 Masker Melawan Corona: Pembagian di Kecamatan Denpasar Utara. Jurnal Lentera Widya, 1(2):24–30.
  8. Yuliana. 2020. Corona Virus Diseases (Covid -19): Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness And Healthy Magazine, 2(1):187–92.